Your Ad Here

02/12/08

Membuat Script Autocad Menggunakan Microsoft Excel

Script AUTOCAD adalah serangkaian perintah yang dapat dipergunakan dalam "Command Text" cad. serangkaian perintah Script AUTOCAD dapat ditulis secara langsung mulai dari awal sampai tahap akhir. Umumnya penulisan Script AUTOCAD dilakukan dalam "file text" kemudian dilakukan proses pada menu "run script". Jika anda pernah belajar AUTOCAD R12, maka anda akan menemukan hal paling menarik dalam mempergunakan program tersebut. Belajar tentang Script AUTOCAD merupakan hal yang luar biasa dan patut untuk diperdalam dari program tentang CAD. Anda dapat menggunakan program seperti TURBO PASCAL dalam menggali ilmu lebih baik untuk membuat Script AUTOCAD maupun sebaliknya membuat program TURBO PASCAL menggunakan Script AUTOCAD.
Seiring dengan perkembangan teknologi AUTOCAD, rasanya semakin mudah untuk melakukan pekerjaan dengan script. Dengan cara copy langsung derentan perintah ke “command line” autocad yang berasal dari program pengolah kata seperti microsoft word ataupu notepad. Disebabkan karena deretan perintah ini supaya lebih plexible sebaiknya mempergunakan faktor pengubah, oleh karenanya akan lebih baik memakai Microsoft Exel. Dikarenakan Microsoft Exel dewasa ini merupakan program yang banyak digunakan. Sehingga hampir semua pengguna komputer telah terbiasa dengan program Microsoft Exel.
Sebagai sampel, kali ini memakai contoh plotting dari titik koordinat tempat pada peta bentuk bumi. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan dalam Membuat Script Autocad Menggunakan Microsoft Excel adalah
  1. Siapkan sebuah peta yang sudah sesuai dengan system koordinat UTM.
  2. Lalu tentukan tiga titik pada peta yang akan dijadikan bahan latihan.
  3. Selanjutnya catat posisi ketiga titik, yakni posisi X dan Y serta posisi Z.
  4. Kemudian buka perogram Microsoft Excel
  5. Pada Cell A1 tulislah nomor 1, Cell B1 tulislah nilai X titik 1 dan Cell C1 tulislah nilai Y titik 2 (untuk titik 2,3 dan seterusnya pada baris dibawahnya)
  6. Pada Cell E1 tulislah ="(command ""text"" ""J"" ""MC"" """&B1&","&C1&""" ""1"" ""0"" """&A1&""")"&"(command ""circle"" """&B1&","&C1&""" ""1"" ""0"" ""1"")"
  7. Terus Copy Cell E1 sampai ke bawah
  8. Select Cell E1 sampai data terakhir, kemudian tekan Ctrl + C (copy)
  9. Pindah data ke Autocad, kemudian buka dan klik “command line” dan tekan Ctrl + V (paste)
Agar hasil Membuat Script Autocad Menggunakan Microsoft Excel dapat dilihat, dengan memakai gambar, oleh karenanya untuk cell A1 sampai dengan cell A7. Kode dapat diganti dengan nama anda maupun keterangan yang sesuai dengan selera.

3 komentar:

NYoMaN mengatakan...

wow rumit ya kayaknya :)

Fatkhur mengatakan...

Trims petunjuknya. Untuk program plotting titik situasi peta ataupun situasi trase, dapat juga pakai program AutoLisp seperti yg dibahas pada blog hydrodesign10.blogspot.com

Anonim mengatakan...

ini menu pembelajaran apa cuma info sudah aq baca aq kok gak paham2.blognya apa aqnya yang gak bisa memahami

TRAFFIC RANK ALEXA

Tips Belajar Autocad - Situs Tips Belajar dan Blog Tutorial Powered by Blogger