Your Ad Here

27/10/08

Melamar Drafter CAD

Melamar Drafter CAD

Setelah kita menguasai mengusai program AutoCAD dengan lancar, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan lamaran.Dalam membuat suat lamaran peru diperhatikan mengenai perusahaan tujuan yang akan dikirim, perhatikan bila lowongan kerja dengan bahasa Indonesia,maka buatlah lamaran dengan berbahasa Indonesa yang baik dan benar, tapi bila lowongan kerja yang tertulis di iklan lowongan memakai bahasa Ingris maka anda harus menulinya dengan bahasa Inggris, hal ini akan menambah point bagi anda sendiri.Ada beberapa proses umum yang sudah menjadi suatu hal yang lumrah dalam melamar pekerjaan antara lain:

1.Siapkan CV atau Resume
2.Menerima panggilan
3.Test
4.Wawancara
5.Mulai bekerja


Menyiapkan Resume
Dalam menyiapkan CV (Curiculum Vitae) atau Resume atau riwayat hidup, maka siapkanlah CV atau Resume yang memenuhi syarat-syarat umum resume antara lain:
a.Alamat dan tanggal, Alamat yang dituju atau perusahaan harus jelas, ha ini untuk menghindari salah kirim atau keterlambatan kirim atau bahkan tidak bisa dikirim karena alamat yang salah.
b.Informasi tentang lowongan diperoleh, seringkali hal ini menjadi pertanyaan pembuka saat wawancara nanti, sering ditanyakan darimana informasi diperoleh. Karena itu dalam surat lamaran wajib disebutkan,misalnya:
“Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari Harian “Kompas” Hari Hari Jumat, tanggal 4 Januari 2008, menyatakan bahwa…dan seterusnya.
c. Salam Hormat, sudah menjadi keharusan dan pembukaan surat, “Salam Hormat”. Ucapan Salam hormat dalam bahas Indonesia maupun Bahasa Inggris secara singkat tanpa pretensi menyanjung adalah sesuatu yang perlu, dan menjadi pembuka untuk meneruskan ke inti surat lamaran itu sendiri.
d.Dalam CV disebutkan data pribadi singkat dan padat, berupa identitas diri yaitu :nama,alamat, tanggal lahir,riwayat pendidikan.dan informasi tambahan berupa: Training yang telah diikuti,baik didalam negeri maupun diluar negeri yang pernah diikuti, seminar yang pernah diikuti, kursus-kursus yang pernah diikuti dan lain-lain.
e.Riwayat Pengalaman kerja, bagi pemula tidak perlu di tulis karena memang belum ada riwayat pengalaman kerja, namun disertakan riwayat pendidikan, laihan-latihan, training, PKL yang pernah diikuti dan prestasi disekolah menjadi point tersendiri bagi pelamar kerja.Dan bagi yang sudah mempunyai riwayat pengalaman kerja, ditulis lengkap nama perusahaan tempat bekerja, alamat, dan posisi jabatan terakhir saat diperusahaan itu. Dengan banyak pengalaman kerja akan menjadi bahan pertimbangan tersendiri bagi perusahaan penerima yang sedang dituju.
f.Lampiran, berupa data pendukung yang menjelaskan data diri seseorang secara resmi, antara lain:
-Ijasah
-KTP
-Sertifikat Training,Komputer
-Pas Photo terbaru
-Kartu kuning, biasanya untuk Pegawai Negeri dan lain-lain.

Berikut ini contoh surat lamaran dalam bahasa Indonesia:

Kepada YTH:
Pimpinan TOTAL Design
Ruko Taman Palem Lestari (Ruko Pelangi)
Blok J no.9
Jl. Kamal Outer Ring Road
Cengkareng, Jakarta


Dengan Hormat
            Berdasarkan informasi yang saya baca di harian Kompas, pada hari Jumat, tanggal 4 Januari 2008 menyatakan bahwa, Perusahaan bapak membutuhkan tenaga DrafterCAD Arsitektur dan Struktur. Bersama ini saya mengajukan lamaran pada posisi tersebut diatas. Saya yakin dengan prestasi saya saat di sekolah dan beberapa training dan pelatihan yang saya ikuti, dan pengalaman saya sebagai DrafterCAD selama 3 tahun dibidang yang sama, saya mampu memberikan kontribusi yang baik dan bisa  menyelesaikan proyek-proyek sesuai deadline perusahaan dan bisa mendukung kesuksesan perusahaan yang sedang anda pimpin.
            Bersama ini saya lampirkan, data identitas diri, sertifikat dan ijasah,, pas photo terakhir. Saya berharap bisa diskusi lebih lanjut untuk membicarakan hal-hal lain yang diperlukan.
            Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya, besar harapan saya untuk mendapat tanggapan dari perusahaan bapak dan terimakasih atas perhatianya.


Jakarta, 5 Januari 2008

Hormat Saya
                                                          
          
Budi





Berikut ini contoh surat lamaran dalam bahasa Inggris:

 
Human Resource Department
TOTAL Design
Ruko Taman Palem Lestari (Ruko Pelangi)
Blok J no.9
Jl. Kamal Outer Ring Road
Cengkareng, Jakarta


I am interested in applying for the CAD DRAFTER in your company.

I am confident that my qualifications, skills and past working experiences are relevant to the requirements of the position and I can make significant contributions to the continued success of your organization. My resume is attached for your review and I would appreciate the opportunity to discuss with you personally how I can best serve your organization.

 
Thank you for your time and consideration and I look forward to hearing from you.

 
Yours sincerely,



Azwar

0 komentar:

TRAFFIC RANK ALEXA

Tips Belajar Autocad - Situs Tips Belajar dan Blog Tutorial Powered by Blogger