Your Ad Here

17/09/08

Tips Trik belajar autocad

Cara kerja AutoCAD berganti seiring dikeluarkannya versi-versi autocad ter-baru. Pada artikel ini saya akan mencoba membahas fitur-fitur autocad yang akan membuat kerja anda lebih efektif. Kebanyakan pengguna AutoCAD mempelajari AutoCAD secara otodidak atau dari buku. Atau mungkin diajarkan oleh senior atau temannya. Salah satu kelemahan dari metode belajar autocad ini, kebanyakan anda menjadi terpaku dengan metode yang diajarkan. Anda akan mengikuti cara belajar autocad yang sama dilakukan oleh buku juga teman anda. Yang sebetulnya belum tentu cara kerja autocad yang optimal. Kadang-kadang, meski anda menggunakan AutoCAD versi baru, anda tetap menggunakannya seperti menggunakan AutoCAD 2005. Coba anda simak langkah awal belajar autocad dibawah ini:

1. Gunakan Template Autocad

Apakah setiap kali membuat file baru, anda selalu mendefenisikan styles (text, dimension, etc), layer, linestyles, dan sebagainya? Jika ya, anda membuang waktu beberapa menit setiap membuat file baru. Anda dapat langsung memperoleh hal-hal itu jika bagaimana menggunakan template autocad. Atur template standar yang ingin anda load untuk QNEW, dan simpan (save) file-file template anda pada folder tersendiri.

2. Gunakan Text Field Autocad

Jika anda memiliki banyak teks pada autocad yang harus anda ganti berkali-kali, teks field akan sangat membantu dan sangat berguna buat anda. Misalnya setiap kali anda harus mengubah tanggal cetak (print cad), nama file dalam cad, dalam gambar, dan seterusnya. Hal ini bisa anda dapat secara otomatis dengan menggunakan text field. Dan anda bahkan dapat menyimpan variabel tertentu dalam template.

3. Gunakan Dynamic Blocks Autocad

Jujur saja, awalnya jika anda membenci dynamic blocks. Menurut saya sangat aneh kalau saya punya block dengan nama yang sama, namun bentuknya berbeda-beda. Misalkan saya punya library pintu, saya beri attribute P1 untuk keyplan. Namun dengan dynamic block membuat ‘kacau’ karena kodenya sama, namun ukurannya berbeda-beda. Menurut saya, dynamic block sangat mengganggu standard perusahaan dan juga sangat membingungkan. Namun kemudian saya menemukan bahwa dynamic block dapat berguna. Gunakan dynamic block HANYA untuk keperluan visual, tidak untuk scheduling atau komponen standard. Misalkan seperti belajar utocad mandiri dan cepat ini.

4. Gunakan Annotation Scaling Autocad

Annotation Scaling adalah salah satu fitur favorit saya di AutoCAD 2008. Buatlah annotative styles jika anda sering bekerja dengan beberapa skala sekaligus. Anda akan dapat menjaga teks dan anotasi anda tetap terbaca meski skalanya anda ubah-ubah.

5. Gunakan Layer States Autocad

Dalam bekerja dengan AutoCAD, kita sering harus mengubah status layer, entah sekedar on/off, lineweight yang berbeda, linestyles, dan sebagainya. Dengan menggunakan layer states dan layer properties per-viewport, banyak keuntungan yang dapat anda dapatkan. Anda bahkan dapat memiliki satu drawing yang ditampilkan secara berbeda-beda!

6. Gunakan Design Center Autocad

Design center bisa dikatakan explorernya AutoCAD. Anda dapat mengkopi block, styles, dan berbagai elemen lain dari satu file ke file lain. Design center juga memungkinkan anda membuat tool palletes dari semua block yang ada pada satu file.

7. Gunakan Block Attributes Autocad

Block attributes sebenarnya merupakan ‘tag’ atau kode dari suatu block. Seperti part number, id, dan sebagainya. Namun banyak yang tidak mengoptimalkannya. Dengan menggunakan block attributes, anda dapat menghitung jumlah objek secara otomatis, untuk bill of material/bill of quantity.

8. Gunakan Sheetset Autocad

Sheetset merupakan manajemen drawing yang sangat baik untuk diterapkan. Banyak fitur otomatis untuk manajemen drawing yang dapat anda terapkan, seperti title block, batchplot, dan sebagainya. Optimalkan fungsi help autocad anda agar bekerja lebih baik.

9. Gunakan External Reference Autocad

External reference atau XREF pada auto cad dapat mengatasi banyak hal. Gunakan XREF jika anda memiliki desain yang kompleks, dan pisah menjadi beberapa drawing. Lebih baik anda menggunakan XREF daripada block, jika menginginkan bentuk tipikal anda berubah secara otomatis. XREF memungkinkan beberapa desain gambar diubah secara cepat dan simultan, karena berupa file-file terpisah. Anda juga dapat bekerja dalam mm untuk desain detail, dan m atau km untuk gambar rumah sederhana dalam otocad program maupun menggambar peta, dan jalan atau jembatan.  Jika anda menggunakan koordinat global, anda akan membutuhkannya… karena pada area yang luas bekerja dengan mm akan mendapatkan masalah.

10. Bacalah New Features Workshop Autocad

AutoCAD versi baru tentu memiliki fitur baru khususnya autocad 2009 versi baru. Merupakan hal yang bijak untuk menyisihkan sedikit waktu untuk melihat new features workshop sebagai langkah awal belajar autocad. Siapa tahu ada fitur baru yang anda butuhkan.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Salam BABC...
Tulisannya sangat mebantu sekali. saya sebgai pengguna autocad masih menggunakan cara cara lama dalam mendesain walaupun memakai versi autocad yg lumayan terbaru.

Saya mau bertanya..bgmana cara menggunakan Block attributes dan External Reference Autocad. makasih..

TRAFFIC RANK ALEXA

Tips Belajar Autocad - Situs Tips Belajar dan Blog Tutorial Powered by Blogger