Your Ad Here

27/08/08

Jangan Takut Belajar Autocad Sendiri

Di zaman sekarang yang serba edan tututan untuk dapat mengetahui cara menguasai berbagai software (soft skill) sudah tidak asing lagi di dunia gambar kerja para engineer. Apalagi bagi para insinyur/engineer sipil maupun arsitektur yang akan kerepotan jika melakukan pekerjaan terus menerus secara manual perlu panduan penggunaan autocad. Software seperti AutoCAD muncul sebagai salah satu solusi terbaik yang ditawarkan. Misalnya jika ingin membuat gambar rumah sederhana ataupun pictures terhadap komponen mesin/konstruksi/DAm atau benda lainnya dalam 2 dimensi atau 3 dimensi secara spesifik, AutoCAD dapat menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi masalah anda tersebut. Dalam artikel ini diberikan sedikit tips dan contoh bin sample penggunaan AutoCAD untuk Anda yang berminat untuk mempelajari AutoCAD sendiri secara cepat.

Berikut ini beberapa hal dasar dalam pengerjaan aoutocad dan langkah-langkah dan tips tentang cad serta cara mudah belajar autocad sendiri yang perlu Anda lakukan saat Anda mempelajari dan menggunakan AutoCAD sendiri tanpa bantuan guru.

Usahakan untuk Pahami Alur Kerja AutoCAD

Banyak sekali buku yang mengajarkan kepada Anda menggunakan tools autocad secara detail. Klik line, klik di sini, ketikan koordinat ini, titik-hole-bla Begitu pula jika Anda diminta membuat circle, membuat rectangle, dan lainnya, tetapi beberapa saat setelahnya begitu anda mencobanya kembali, Anda sudah lupa tutorial autocad yang diajarkan . Hal ini memang wajar, karena tidak mudah dan tidak gampang menghapal atau mengingat banyak tool tentang cad dan langkah pengerjaan CAD yang mudah. Kesulitan tadi bisa diatasi, dengan menggunakan command line yang ada di AutoCAD, Anda tidak perlu menghafal tetapi cukup mengikuti perintah pada command line, dan Anda pun dapat mengggali lebih jauh berbagai macam tools autocad yang ada. Berikut adalah command line yang ada pada AutoCAD.

Fungsi command line adalah memberikan panduan seperti halnya rambu di jalan raya agar Anda tidak tersesat. Cara menggunakan command line autocad, pertama Anda pilih tool yang ingin Anda gunakan, kemudian perhatikan command line untuk mengetahui apa yang perlu anda lakukan selanjutnya. Jika command line meminta base point, maka berikan titik acuan. Jika diminta select object, maka pilihlah objek. Sederhana saja bukan? Anda cukup mengikuti petunjuk pada command line, dan memilih hasil seperti apa yang anda inginkan. Semakin kompleks objek yang ingin anda buat, maka semakin banyak pilihan yang anda temui di command line option.

selanjutnya adalah contoh penggunaan command line pada autocad untuk membuat rectangle atau kotak pada autocad. Untuk membuat rectangle, Anda bisa mengklik tool rectangle autocad atau mengetikkan perintah rec, rectang, atau rectangle, maka pada commad line akan muncul tulisan seperti di bawah ini.

Command: rec
RECTANG
Specify first corner point or [Chamfer/Elevation/Fillet/Thickness/Width]:

Seperti yang Anda lihat, diberikan 5 jenis pilihan/option, selain memberikan titik acuan menggunakan rectangle autocad. Jadi, contohnya Anda ingin agar sudutnya berupa lengkungan maka Anda dapat memilih fillet dengan mengetik huruf f. Jika Anda mengetik f maka akan ada perintah untuk memasukkan berapa radius lengkungannya. Specify fillet radius for rectangles <0.0000>: 15

Kemudian anda tentukan titik awal dan akhir kotaknya, maka akan terbentuk kotak yang sudutnya berupa lengkungan. Jika Anda mengetik rectangle lagi maka nilai radius yang Anda masukkan sebelumnya akan muncul lagi. Jika Anda ingin membuat tanpa lengkungan maka Anda tinggal menulis 0 (nol) untuk radiusnya. semoga artikel tips belajar autocad kali ini bermanfaat untuk anda.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

wuahhh...tutorial yang bermanfaat...cocok nih buat saya...
numpang belajar ya...

TRAFFIC RANK ALEXA

Tips Belajar Autocad - Situs Tips Belajar dan Blog Tutorial Powered by Blogger